Organisasi Himpunan Mahasiswa (HIMA) adalah organisasi yang beranggotakan mahasiswa untuk mewadahi bakat, minat dan potensi mahasiswa yang dilaksanakan di dalam kegiatan ko dan ekstra kurikuler. Kegiatan kemahasiswaan ini berfungsi melatih pengembangan soft sklill  mahasiswa dalam berorganisasi. Kegiatan HIMA Jurusan Teknik Bangunan Kapal berhubungan erat dengan konteks maritim, keilmuwan, penalaran, pengembangan bakat, dan profesionalisme sebagai pembinaan dasar kepemimpinan sebelum terjun ke masyarakat. Program kegiatan tahunan regular Himpunan Mahasiswa Teknik Bangunan Kapal, setiap tahun :

  1. OCEANIC : Ajang Kompetesi Bakat bidang maritim dan karya ilmiah baik untuk siswa dan guru pada tingkat pendidikan menengah (SMA/SMK) provinsi  dengan tujuan utama pengenalan dunia maritim.

Himpunan Mahasiswa Jurusan

Himpunan Mahasiswa Teknik Bangunan Kapal merupakan organisasi kemahasiswaan di tingkat Jurusan Teknik Bangunan Kapal yang berfungsi

Representasi Mahasiswa: Organisasi himpunan mahasiswa di tingkat jurusan bertindak sebagai wakil dan perwakilan mahasiswa dalam mengkomunikasikan kepentingan, aspirasi, dan masalah yang dihadapi oleh mahasiswa kepada pihak fakultas, universitas, atau pihak terkait lainnya. Organisasi ini berperan dalam memperjuangkan hak-hak mahasiswa, mengadvokasi perubahan, dan memastikan suara mahasiswa didengar dan diperhatikan.

Pengembangan Kemahasiswaan: Organisasi himpunan mahasiswa juga bertujuan untuk meningkatkan pengalaman dan pengembangan kemahasiswaan. himpunan menyelenggarakan berbagai kegiatan, seperti seminar, lokakarya, diskusi, pelatihan, dan kegiatan sosial. Ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan, komunikasi, organisasi, serta memperluas jaringan sosial dan profesional.

Pengembangan Minat dan Bakat : Mahasiswa dapat menyalurkan bakat dan hoby dalam setiap divisi dan kegiatan Himpunan seperti jurnalistik, olahraga, design dll. yang membentuk komunitas pengembangan diri.

 

Struktur Organisasi HIMA Teknik Bangunan Kapal Tahun 2023:

BADAN PENGURUS HARIAN ( BPH ) KETUA HIMPUNAN

1. Moh. Irbat Fanani

WAKIL KETUA HIMPUNAN

1. Uzlifatul Jannah

SEKRETARIS HIMPUNAN

Koordinator : Aprilia Arista Putri Anggota :

1. Asma Sofiana

2. Renasya Faradila

BENDAHARA HIMPUNAN

Koordinator : Dini Novita Sari Anggota :

1. Nadya Putri Dwi Lestari

2. Bintang Prammudia

DIVISI

DEPARTEMEN DALAM NEGERI

Tugas : Melaksanakan tugas dari ketua himpunan mahasiswa Teknik bangunan kapal dalam mengorganisir dan mengkoordinir kegiatan operasional sub-Divisi Pemberdayaan Sumber Daya Manusia serta melaksanakan program kerja dalam lingkup internal.

Koordinator : Qusyairi Lubis Anggota :

1. Moh. Yanuar Afrianto

2. Rendi Darwansyah

3. Akhmad Farhan Ramadhani

4. Maulana Yusuf

5. Abd. Azis

Sub-Divisi

Pemberdayaan Sumber Daya Manusia

Tugas : Mengembangkan dan memaksimalkan sumberdaya manusia di dalam himpunan mahasiswa jurusan teknik bangunan kapal terdevelop dan terberdaya serta menjamin kualitas sumberdaya manusia tetap baik dan berkembang

Koordinator : M Choirul Anggota :

1. Ryan Dwiyanto

2. Ilham Rezdiansyah

3. Abd Wahid

DEPARTEMEN LUAR NEGERI

Tugas : Melaksanakan tugas dari ketua himpunan mahasiswa Teknik bangunan kapal dalam mengorganisir dan mengkoordinir kegiatan operasional sub-Divisi sosial masyarakat serta melaksanakan program kerja dalam lingkup eksternal

Koordinator : Ferdian Tri Anggara Putra Anggota :

1. Sulaiman

2. Thabroni Majid

3. Alvian Firdaus

4. Iqbal Risqi Kurniawan

5. Willie P Hutajulu

6. Khairul Dharma

Sub-Divisi Sosial Masyarakat

Tugas : Pengabdian Masyarakat Dan Penghubung Antara Himpunan Mahasiswa

Koordinator : Firza Shafa Hadi Widyadana Anggota :

1. Ismail Amien Kurniawan

2. Alfi Hidayat

3. Andika Kusuma Wardana

4. Rendra Surya Arianto

5. Ikmal Akbar

6. Abdi Manaf Febrian

KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

Tugas : Mengembangkan rencana dan operasional program Pers dan informasi melalui kegiatan-kegiatan yang bersifat meningkatkan kualitas dari anggota dan mahasiswa serta melaksanakan tugas dari ketua himpunan mahasiswa Teknik bangunan kapal dalam mengorganisir dan mengkoordinir kegiatan operasional sub-Divisi KWU & Digital marketing.

Koordinator : Hafiful Qori Anggota :

1. Zamza Octa Labbaikka

2. Busri Andoni

3. Afriel Maulanan Setia Budi Sub-Divisi

Promosi (KWU & Digital Marketing) Tugas : Promosi Jurusan Dan Himpunan

Koordinator : Dwi Sholekhah Anggota :

1. Aris Diansyah

2. Faradilla

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN INFORMATIKA

Tugas : mengembangkan, menciptakan dan menerapkan potensi mahasiswa di bidang riset dan dan perkembangan teknologi serta melaksanakan tugas dari ketua himpunan mahasiswa Teknik bangunan kapal dalam mengorganisir dan mengkoordinir kegiatan operasional subDivisi Minat Bakat .

Koordinator : Eko Maulana Anggota :

1. Ahmad Mudzakir Farisi

2. Achmad Nabil Al Fiyan

3. Halidah

Sub-Divisi Minat Bakat

Tugas : Mengasah Minat Dan Mengembangkan Bakat Jurusan Teknik Bangunan Kapal

Koordinator : M Firdausi Azis Anggota :

1. Zeinal Abidin

2. Fahlul Elmeh

3. Moh. Dwi Risky Yulianto

4. Bagus Khoirul Virdaus

5. Imam Rofiieh

 

Dosen : Anauta Lungiding Angga R.,S.T.,M.T

Oceanic adalah ajang lomba kompetisi tingkat Pendidikan menengah (SMA/SMK) sejawa timur yang diselengarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Bangunan Kapal Politeknik Negeri Madura setiap tahun. Tujuan utama event ini adalah sebagai bentuk pengenalah dunia maritim kepada generasi muda selain sebagai pengenalan Jurusan Teknik Bangunan Kapal dan Kampus Politeknik Negeri Madura yang memiliki visi misi utama dalam bidang maritim. Event ini terdiri banyak jenis kompetisi yang dapat dikelompokkan dalam bidang :

  1. Design Prototype Kapal
  2. Karya tulis ilmiah
  3. Race kapal
  4. Pengelasan (welding)

Jumlah Peserta dan Jenis lomba berkembang setiap tahunnya baik kuantitas dan kualitas penilaian dan penyelenggarannya.

Penyelenggaraan OCEANIC ini telah menginjak event ke VII pada tahun 2023 ini.

Dosen : Anauta Lungiding Angga R., S.T.,M.T

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *